KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam memiliki kompetensi dalam bidang pengelola lembaga pendidikan Islam, tenaga kependidikan di lingkungan madrasah/sekolah, tenaga administrasi di lingkungan kementerian, dengan berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas dengan dedikasi mendidik dan Islami berbasis pendekatan integrasi keilmuan dan keislaman serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
Kompetensi utama tersebut dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
-
Kemampuan di Bidang Kerja
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, kemampuan yang dimiliki adalah:
- Mampu mengelola lembaga pendidikan Islam (madrasah/sekolah dan pondok pesantren)
- Mampu mengelola kantor instansi kependidikan formal maupun nonformal
- Mampu mengelola perpustakaan pendidikan formal maupun nonformal
- Mampu merancang dan mengevaluasi kegiatan pendidikan dan latihan
- Mampu memfasilitasi kegiatan pendidikan dan latihan
- Mampu merancang dan meneliti bidang manajemen pendidikan formal maupun nonformal.
-
Kemampuan di Bidang Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural, kemampuan yang dimiliki:
- Menguasai teori dan prinsip dasar manajemen pendidikan yang berkarakteristik khusus dan bernilai spiritual Islam
- Menguasai konsep fungsi-fungsi manajemen pendidikan Islam (administratif) untuk peningkatan mutu pendidikan Islam
- Menguasai konsep manajemen terapan (operatif) dalam pendidikan Islam yang meliputi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kesiswaan,Manajemen Sarana Prasarana,Manajemen Keuangan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Perpustakaan dan Sumber Belajar, Manajemen Perkantoran, Manajemen Informasi.
- Menguasai metodologi penelitian Manajemen Pendidikan Islam sebagai basis kemampuan mereka dalam mengembangkan mutu pendidikan Islam.
-
Kemampuan Manajerial
- Mampu mengelola lembaga pendidikan formal dan nonformal, yang dibuktikan dengan kemampuan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen dan kemampuan menerapkan fungsi-fungsi tersebut dalam mengelola sumber-sumber daya yang ada dalam lembaga pendidikan Islam. Secara spesifik kemampuan tersebut mencakup:
- Mampu merencanakan seluruh sumberdaya lembaga pendidikan Islam demi tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu.
- Mampu melaksanakan fungsi pengorganisasian dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan bermutu.
- Mampu memimpin, mengambil keputusan, memotivasi, kordinasi, dan komunikasi staf demi tercapainya tujuan pendidikan bermutu..
- Mampu melakukan fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap proses dan hasil untuk dapat dijadikan feedback bagi upaya peningkatan mutu pendidikan Islam secara terus menerus (continous improvement).
KOMPETENSI LULUSAN PENDUKUNG
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah Tenaga Perpustakaan, Edupreneur, dan Peneliti MPI berbasis integrasi keilmuan dan keislaman,serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
Kompetensi lain/pilihan lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah lulusan yang:
- Mampu Menguasai teori dan prinsip dasar manajemen pendidikan yang berkarakteristik khusus dan bernilai spiritual Islam untuk peningkatan mutu pendidikan Islam. Kompetensi ini diwujudkan dalam mata kuliah dasar – dasar manajemen Pendidikan, Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam.
- Mampu mengelola lembaga pendidikan Islam (madrasah/sekolah dan pondok pesantren). Kompetensi ini diwujudkan dalam mata kuliah Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Manajemen Pendidikan Diniyah dan Pesantren.
- Mampu Menguasai konsep manajemen terapan (operatif) dalam pendidikan Islam. Kompetensi ini diwujudkan dalam mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kesiswaan,Manajemen Sarana Prasarana,Manajemen Keuangan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Perpustakaan dan Sumber Belajar, Manajemen Perkantoran, Manajemen Informasi.